Brownies Ubi
Disusun oleh :
M Alwin Maulana
Juweni
Azhar satiri
Raka pradela
Resty Novianty
YAYASAN
PENDIDIKAN KUSUMA BANGSA (YPKB)
SMK
KUSUMA BANGSA BOGOR
Jl.
Raya Ciapus belakang komplek Badak Putih Kec. Ciomas Kab. Bogor
Telp.
(0251)8487725
Daftar isi
Daftar Isi
Kata pengantar
BAB 1. Pendahuluan
1.1
Latar Belakang ……………………………………………………………...
1.2
Tujuan kegiatan………………………………………………………………
1.3
Maksud Kegiatan…………………………………………………………….
BAB 2. Pembahasan
2.1 Profil……………………………………………………………………………
2.2 Analisis Swot……………………………………………………………………
2.2.1 Kekuatan
(Strongth) ……………………………………………………….
2.2.2
Kelemahan (Weaknes) …………………………………………………….
2.2.3
Peluang (Oportunity) ……………………………………………………...
2.2.4
Ancaman (Treath) ………………………………………………………...
2.3 Strategi pasar……………………………………………………………………
2.3.1 Pemasaran…………………………………………………………………
2.3.2 Target……………………………………………………………………..
2.3.3 Positioning………………………………………………………………..
BAB 3. Manajemen Produksi
3.1 Proses produksi………………………………………………………………..
3.2 Bahan baku……………………………………………………………………
3.3 Perlengkapan…………………………………………………………………..
3.4 Biaya lain-lain…………………………………………………………………
3.5 Cara pembuatan……………………………………………………………….
BAB 4. Rencana Anggaran dan Laporan laba rugi
4.1 Modal…………………………………………………………………
4.2 Pengeluaran……………………………………………………………
BAB 5. Penutup
5.1 Kesimpulan……………………………………………………………
Kata pengantar
Alhamdulillahirabbil’alamin
Ptji serta syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Swt. yang telah memberikan
rahmat dan karunia kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan proposal yang
akan di jalankan oleh penulis.
Pada kesempatan ini
penulis mau mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah
membantu untuk menyelesaikan proposal ini dan tak lupa pula penulis mengucapkan
terimakasih dalam hal fisik maupun non fisik sehinnga penulis dapat
menyelesaikan proposal usaha ini dengan baik dan tepat waktu.
Semoga usaha ini dapat
berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi penulis maupun masyarakat. Aaminn.
Bogor,
19 November 2014
(Penulis)
BAB 1. Pendahuluan
1.1
Latar
belakang
Dijaman era globalisasi kini banyak
usaha-usaha untuk mendapatkan persaingan produk. Tidak lah mudah untuk membuat
usaha-usaha, dikarenakan sudah terlalu banyak pengusaha, pengusaha yang lebih
baik di Indonesia ini, oleh sebab itu kita harus mempunyai strategi untuk
memasarkan produk atau barang.
Bahan-bahan yang penulis gunakan adalah
bahan-bahan yang mudah di cari dan melestarikan budaya lokal, sehingga penulis
terinsfirasi oleh produk yang penulis pikirkan yaitu Brownies Ubi.
1.2
Tujuan
kegiatan
Adapun
tujuan usaha membuat Brownies Ubi :
Ø Menambah
perekonomian keluarga (Penghasilan)
Ø Mengurangi
pengangguran
Ø Agar
menjadi motivasi untuk orang lain
Ø Bisa
bermanfaat bagi semua orang atau masyarakat
1.3
Maksud
kegiatan
Pada dasarnya penulis bermaksud untuk
mengembangkan kreatifitas yang ada pada diri penulis sendiri, dengan
memanfaatkan ubi yang ada dr lingkungan sekitar. Tadinya tidak ada kreatifitas
untuk membuat Brownies Ubi ini, penulis memanfaatkan ubi ini menjadi barang yang
bernilai tinggi dan menghasilkan produk atau barang yang berkualitas.
BAB 2.
Pembahasan
2.1
Profil
Brownies Ubi adalah jenis usaha yang penulis pilih.
Memilih kata Brownies Ubi karena supaya lebih di kenal oleh banyak orang atau
khalayak umum. Makanan ini penulis buat karena makanan ini jarang ada di
lingkungan masyarakat.
2.2
Analisis SWOT
Sebagai
wirausaha yang baru penulis harus siaf menghadapi persaingan usaha dan analisis
SWOT-lah yang merupakan jamgka pertama yang harus di lakukan untuk seorang
wirausahawan.
2.2.1
Kekuatan (Strength)
Penulis
yakin produk penulis ini akan laki di jual dikalangan masyarakat karena produk
penulis ini merupakan peoduk makanan yang unik dan menyehatkan, nilai jual yang
terjangkau dan mempunyai rasa yang enak.
2.2.2
kelemahan (Weaknes)
Cara
pembuatan produknya cukup rumit, dan
mudah basi bila di simpan di tampat terbuka.
2.2.3
Peluang (Oportunity)
Penulis
yakin dengan produk ini, pasti akan di terima oleh masyarakat. Karena mempunyai
nilai gizi yang tinggi. Selain dari cara pembuatannya yang lumayan rumit produk
ini juga menarik dan unik untuk
dikembangkan.
2.2.4
Ancaman (Treath)
Ancaman
yang mungkin di dapatkan atau dihadapi dalam usaha ini adalah persaingan yang
tidak sehat dengan menirukan produk dan menjual dalam harga yang menjadi
pesaing dalam harga.
2.3 Strategi pasar
Setelah
menganalisis sejauh mana persiapan produk untuk dipasarkan,
proses selanjutnya
yaitu melakukan strategi pasar yang harus di lakukan dalam menentukaan strategi
pasar yaitu :
2.3.1
Pemasaran
Dalam
memasarkan produk ini terlebih dahulu kita ketahui dengan jelas siapa yang akan
dituju sehingga segmentasi pasar ini adalah semua alangan masyarakat dari
anak-anak sampai dewasa dapat digunakan atau memilikinya karena harga yang relatif
terjangkau dan mudah dibawa kemana-mana dan bentuknya unik sesuai dengan
kemauan si pembeli.
2.3.2
Target
Target pasar yang
dituju adalah :
1.
Masyarakat
2.
Mall
3.
Toko kue
4.
Toko oleh-oleh
2.3.3 Positioning
Tujuan
dari penggunaan ubi ini sebagai positioning kegiatan usaha penulis agar mudah
di ingat oleh semua masyarakat dan bukan hanya itu untuk mempromosikan produk
penulis buat, penulis memasang brand produk di toko-toko kue, mall, atau di
lingkungnan masyarakat dan bias dinikmati semua kalangan.
BAB 3 Manajemen Produksi
3.1 Proses produksi
Tahap
Pertama dalam membuat suatu produk atau batang ini adalah niat, mempunyai
ide-ide yang bagus dan yang penulis diskusikan dengan kelompok pembuatan
proposal dan Brownies Ubi ini, untuk awal suatu usaha dan modal.
Tahap
kedua yaitu menganalisis terhadap bahan-bahan yang diprerlukan atau dibutuhkan
seperti tepung ubi dan bahan-bahan lainnya.
Tahap
ketiga yaitu :
Ø Mengumpulkan
bahan-bahan.
Ø Susun
sesuai produk atau barang yang diinginkan setelah menjadi produk atau barang.
Tahap
keempat memperkenalkan produk atau barang tersebut kepada semua kalangan
masyarakat yang mempunyai maksud dan tujuan untuk mengembangkan kreatifitas.
Adapun
cara pemasatannya :
Ø Masyarakat
Ø Mall
Ø Toko
kue
Ø Toko
oleh-oleh
3.2
Bahan baku
Adapun
bahan yang digunakan adalah sebagai berikut :
No.
|
Nama
bahan-bahan
|
Harga
|
Jumlah
|
1.
|
Terigu
|
Rp.
4.000.00,-
|
½
Kg
|
2.
|
Telur
|
Rp.
4.500.00,-
|
3
Butir
|
3.
|
Tepung
Ubi
|
Rp.
2.000.00,-
|
¼
Kg
|
4.
|
Baking powder
|
Rp.
1000.00,-
|
½
Sendok
|
5.
|
Gula
|
Rp.
5000.00,-
|
½
kg
|
6.
|
Mentega
|
Rp.
3.500.00,-
|
¼
Kg
|
7.
|
Coklat
|
Rp.
6.000.00,-
|
1
Batang
|
8.
|
Selai
|
Rp.
4.500.00,-
|
1
Ons
|
3.3
Perlengkapan
Adapun
perlengkapan yang harus digunakan :
No.
|
Nama
perlengkapan
|
Banyak
|
1.
|
Mixer
|
1
|
2.
|
Panci
|
1
|
3.
|
Gas
|
1
|
4.
|
Loyang
|
1
|
5.
|
Sendok
|
1
|
6.
|
Parutan
|
1
|
7.
|
Pisau
|
1
|
3.4
Biaya Lain-lain
Transfortasi = Rp. 3.000,- Nge-Print = Rp.
Warnet = Rp.
3.5
Cara pembuatan
Adapun
Cara pembuatan yang harus dilakukan dalam membuat Brownies Ubi :
Ø Kumpulkan
bahan-bahan yang akan digunakan,
Ø Masukan
satu persatu bahan-bahan yang akan dibuat kedalam wadah,
Ø Campurkan
hingga adonan iru hingga merata sampai mengembang,
Ø Kemudian
masukan adonan itu kedalam loyang,
Ø Lalu,
siapkan alat untuk mengkukusnya,
Ø Masukan
adonan itu kedalam panic yang sudah panas,
Ø Kemudian,
kukus beberapa menit,
Ø Setelah
matang lalu angkat dan diamkan beberapa menit supaya dingin, dan
Ø Lalu,
brownies tersebut di olesi oleh selai dan di beri parutan coklat supaya lebih
menarik (Topprng) dan buah segar
diatasnya.
BAB 4. Rencana Anggaran dan Laporan
4.1 Modal
Modal
awal = Rp.
4.2
Pengeluaran
Tabel
pengeluaran :
No.
|
Nama
bahan-bahan
|
Harga
|
1.
|
Terigu
|
Rp. 4.000.00,-
|
2.
|
Telur
|
Rp. 4.500.00,-
|
3.
|
Tepung Ubi
|
Rp. 2.000.00,-
|
4.
|
Baking powder
|
Rp. 1000.00,-
|
5.
|
Gula
|
Rp. 5000.00,-
|
6.
|
Mentega
|
Rp. 3.500.00,-
|
7.
|
Coklat
|
Rp. 6.000.00,-
|
8.
|
Selai
|
Rp. 4.500.00,-
|
9.
|
Transfortasi
|
Rp. 9.000.00,-
|
10.
|
Warnet
|
Rp. 10.000.00,-
|
11.
|
Nge-print
|
Rp.7.500.00,-
|
Jumlah
|
Rp. 68.500.00,-
|
Penghitungan
:
Hj = Hpp+ Laba yang di inginkan
= 68.500 + 7.000
= Rp. 75.500,-
Laba =
(Harga jual *Jumlah hasil Produksi)-Modal
= (75.500*1)-68.500
=
75.500-68.500
= Rp.
7.000.00,-
= 10.21 % (11 %)
BAB 5 Penutup
5.1
Kesimpulan
Proposal
ini “Brownies Ubi” Merupakan nama produk yang penulis buat, penulis
akan memasarkan produk ini ke semua
kalangan masyarakat dan target usaha yang akan penulis lakukan adalah
masyarakat langsung, mall, toko kue, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar