Blogger Widgets

Rabu, 19 November 2014

PROPOSAL

Proposal  Usaha
Brownies Ubi







 


Disusun oleh :
M Alwin Maulana
Juweni
Azhar satiri
Raka pradela
Resty Novianty










YAYASAN PENDIDIKAN KUSUMA BANGSA (YPKB)
SMK KUSUMA BANGSA BOGOR
Jl. Raya Ciapus belakang komplek Badak Putih Kec. Ciomas Kab. Bogor
Telp. (0251)8487725
Daftar isi

Daftar Isi
Kata pengantar
BAB 1. Pendahuluan
1.1           Latar Belakang ……………………………………………………………...
1.2           Tujuan kegiatan………………………………………………………………
1.3           Maksud Kegiatan…………………………………………………………….
BAB 2. Pembahasan
2.1 Profil……………………………………………………………………………
2.2 Analisis Swot……………………………………………………………………
2.2.1 Kekuatan (Strongth) ……………………………………………………….
2.2.2 Kelemahan (Weaknes) …………………………………………………….
2.2.3 Peluang (Oportunity) ……………………………………………………...
2.2.4 Ancaman (Treath) ………………………………………………………...
2.3 Strategi pasar……………………………………………………………………
2.3.1 Pemasaran…………………………………………………………………
2.3.2 Target……………………………………………………………………..
2.3.3 Positioning………………………………………………………………..
BAB 3. Manajemen Produksi
3.1 Proses produksi………………………………………………………………..
3.2 Bahan baku……………………………………………………………………
3.3 Perlengkapan…………………………………………………………………..
3.4 Biaya lain-lain…………………………………………………………………
3.5 Cara pembuatan……………………………………………………………….
BAB 4. Rencana Anggaran dan Laporan laba rugi
4.1 Modal…………………………………………………………………
4.2 Pengeluaran……………………………………………………………
BAB 5. Penutup
5.1 Kesimpulan……………………………………………………………




















Kata pengantar

Alhamdulillahirabbil’alamin Ptji serta syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat dan karunia kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan proposal yang akan di jalankan oleh penulis.
Pada kesempatan ini penulis mau mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu untuk menyelesaikan proposal ini dan tak lupa pula penulis mengucapkan terimakasih dalam hal fisik maupun non fisik sehinnga penulis dapat menyelesaikan proposal usaha ini dengan baik dan tepat waktu.
Semoga usaha ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi penulis maupun masyarakat. Aaminn.



Bogor, 19 November 2014


(Penulis)









BAB 1. Pendahuluan

1.1        Latar belakang

Dijaman era globalisasi kini banyak usaha-usaha untuk mendapatkan persaingan produk. Tidak lah mudah untuk membuat usaha-usaha, dikarenakan sudah terlalu banyak pengusaha, pengusaha yang lebih baik di Indonesia ini, oleh sebab itu kita harus mempunyai strategi untuk memasarkan produk atau barang.
Bahan-bahan yang penulis gunakan adalah bahan-bahan yang mudah di cari dan melestarikan budaya lokal, sehingga penulis terinsfirasi oleh produk yang penulis pikirkan yaitu Brownies Ubi.

1.2        Tujuan kegiatan

Adapun tujuan usaha membuat Brownies Ubi :
Ø  Menambah perekonomian keluarga (Penghasilan)
Ø  Mengurangi pengangguran
Ø  Agar menjadi motivasi untuk orang lain
Ø  Bisa bermanfaat bagi semua orang atau masyarakat
1.3        Maksud kegiatan

Pada dasarnya penulis bermaksud untuk mengembangkan kreatifitas yang ada pada diri penulis sendiri, dengan memanfaatkan ubi yang ada dr lingkungan sekitar. Tadinya tidak ada kreatifitas untuk membuat Brownies Ubi ini, penulis memanfaatkan ubi ini menjadi barang yang bernilai tinggi dan menghasilkan produk atau barang yang berkualitas.













BAB 2. Pembahasan

2.1 Profil
Brownies Ubi adalah jenis usaha yang penulis pilih. Memilih kata Brownies Ubi karena supaya lebih di kenal oleh banyak orang atau khalayak umum. Makanan ini penulis buat karena makanan ini jarang ada di lingkungan masyarakat.
2.2 Analisis SWOT
Sebagai wirausaha yang baru penulis harus siaf menghadapi persaingan usaha dan analisis SWOT-lah yang merupakan jamgka pertama yang harus di lakukan untuk seorang wirausahawan.
2.2.1 Kekuatan (Strength)
Penulis yakin produk penulis ini akan laki di jual dikalangan masyarakat karena produk penulis ini merupakan peoduk makanan yang unik dan menyehatkan, nilai jual yang terjangkau dan mempunyai rasa yang enak.
2.2.2 kelemahan (Weaknes)    
Cara pembuatan produknya cukup rumit, dan  mudah basi bila di simpan di tampat terbuka.
2.2.3 Peluang (Oportunity)
Penulis yakin dengan produk ini, pasti akan di terima oleh masyarakat. Karena mempunyai nilai gizi yang tinggi. Selain dari cara pembuatannya yang lumayan rumit produk ini juga menarik dan unik untuk  dikembangkan.
2.2.4 Ancaman (Treath)
Ancaman yang mungkin di dapatkan atau dihadapi dalam usaha ini adalah persaingan yang tidak sehat dengan menirukan produk dan menjual dalam harga yang menjadi pesaing dalam harga.
            2.3 Strategi pasar
                        Setelah menganalisis sejauh mana persiapan produk untuk dipasarkan,
proses selanjutnya yaitu melakukan strategi pasar yang harus di lakukan dalam menentukaan strategi pasar yaitu :


2.3.1 Pemasaran
Dalam memasarkan produk ini terlebih dahulu kita ketahui dengan jelas siapa yang akan dituju sehingga segmentasi pasar ini adalah semua alangan masyarakat dari anak-anak sampai dewasa dapat digunakan atau memilikinya karena harga yang relatif terjangkau dan mudah dibawa kemana-mana dan bentuknya unik sesuai dengan kemauan si pembeli.
2.3.2 Target
Target pasar yang dituju adalah :
1.            Masyarakat
2.            Mall
3.            Toko kue
4.            Toko oleh-oleh
2.3.3 Positioning
Tujuan dari penggunaan ubi ini sebagai positioning kegiatan usaha penulis agar mudah di ingat oleh semua masyarakat dan bukan hanya itu untuk mempromosikan produk penulis buat, penulis memasang brand produk di toko-toko kue, mall, atau di lingkungnan masyarakat dan bias dinikmati semua kalangan.

BAB 3 Manajemen Produksi

3.1 Proses produksi
Tahap Pertama dalam membuat suatu produk atau batang ini adalah niat, mempunyai ide-ide yang bagus dan yang penulis diskusikan dengan kelompok pembuatan proposal dan Brownies Ubi ini, untuk awal suatu usaha dan  modal.
Tahap kedua yaitu menganalisis terhadap bahan-bahan yang diprerlukan atau dibutuhkan seperti tepung ubi dan bahan-bahan lainnya.
Tahap ketiga yaitu  :
Ø   Mengumpulkan bahan-bahan.
Ø   Susun sesuai produk atau barang yang diinginkan setelah menjadi produk atau barang.
Tahap keempat memperkenalkan produk atau barang tersebut kepada semua kalangan masyarakat yang mempunyai maksud dan tujuan untuk mengembangkan kreatifitas.
Adapun cara pemasatannya :
Ø   Masyarakat
Ø   Mall
Ø   Toko kue
Ø   Toko oleh-oleh
3.2 Bahan baku
Adapun bahan yang digunakan adalah sebagai berikut :
No.
Nama bahan-bahan
Harga
Jumlah
1.
Terigu
Rp. 4.000.00,-
½ Kg
2.
Telur
Rp. 4.500.00,-
3 Butir
3.
Tepung Ubi
Rp. 2.000.00,-
¼ Kg
4.
Baking  powder
Rp. 1000.00,-
½ Sendok
5.
Gula
Rp. 5000.00,-
½ kg
6.
Mentega
Rp. 3.500.00,-
¼ Kg
7.
Coklat
Rp. 6.000.00,-
1 Batang
8.
Selai
Rp. 4.500.00,-
1 Ons

3.3 Perlengkapan
                    Adapun perlengkapan yang harus digunakan :
No.
Nama perlengkapan
Banyak
1.
Mixer
1
2.
Panci
1
3.
Gas
1
4.
Loyang
1
5.
Sendok
1
6.
Parutan
1
7.
Pisau
1

3.4 Biaya Lain-lain
               Transfortasi    =  Rp. 3.000,-                               Nge-Print        = Rp.  
                    Warnet          = Rp.
3.5 Cara pembuatan
                    Adapun Cara pembuatan yang harus dilakukan dalam membuat Brownies Ubi :
Ø  Kumpulkan bahan-bahan yang akan digunakan,
Ø  Masukan satu persatu bahan-bahan yang akan dibuat kedalam wadah,
Ø  Campurkan hingga adonan iru hingga merata sampai mengembang,
Ø  Kemudian masukan adonan itu kedalam loyang,
Ø  Lalu, siapkan alat untuk mengkukusnya,
Ø  Masukan adonan itu kedalam panic yang sudah panas,
Ø  Kemudian, kukus beberapa menit,
Ø  Setelah matang lalu angkat dan diamkan beberapa menit supaya dingin, dan
Ø  Lalu, brownies tersebut di olesi oleh selai dan di beri parutan coklat supaya lebih menarik (Topprng)  dan buah segar diatasnya.

BAB 4. Rencana Anggaran dan Laporan
4.1 Modal
                     Modal awal  = Rp.
4.2 Pengeluaran
        Tabel pengeluaran :
No.
Nama bahan-bahan
Harga
1.
Terigu
Rp. 4.000.00,-
2.
Telur
Rp. 4.500.00,-
3.
Tepung Ubi
Rp. 2.000.00,-
4.
Baking  powder
Rp. 1000.00,-
5.
Gula
Rp. 5000.00,-
6.
Mentega
Rp. 3.500.00,-
7.
Coklat
Rp. 6.000.00,-
8.
Selai
Rp. 4.500.00,-
9.
Transfortasi
Rp. 9.000.00,-
10.
Warnet
Rp. 10.000.00,-
11.
Nge-print
Rp.7.500.00,-

Jumlah
Rp. 68.500.00,-
                       

           







Penghitungan :

       
                      = 68.500
              Hj      = Hpp+ Laba yang di inginkan
= 68.500 + 7.000
                        = Rp. 75.500,-
              Laba  = (Harga jual *Jumlah hasil Produksi)-Modal
                        = (75.500*1)-68.500
                        = 75.500-68.500
                         = Rp. 7.000.00,-

                                                              
                                                                              = 10.21 % (11 %)


BAB 5 Penutup
5.1 Kesimpulan
Proposal ini  “Brownies Ubi” Merupakan  nama produk yang penulis buat, penulis akan  memasarkan produk ini ke semua kalangan masyarakat dan target usaha yang akan penulis lakukan adalah masyarakat langsung, mall, toko kue, dan lain-lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar